A.      Introduction

Dalam panduan ini diharapkan pengguna dapat mengenal awal dari tools-tools dan tombol/fasilitas yang terdapat pada Solid Works Flow Simulation. Dan untuk analisa dasar pengguna diharapkan mengenal goal/result yang akan digunakan seperlunya. Tutorial pertama meliputi aliran fluida melalui mixing elbow dengan beberapa input desain. Tujuannya adalah untuk menunjukkan betapa mudahnya simulasi aliran fluida dengan menggunakan Flow Simulation dan kemudahan untuk menganalisis dengan variasi input desain.

Tutorial ini menggambarkan bagaimana cara setup dan solution dari analisa CFD  pada aliran turbulen dan perpindahan panas dalam Mixing Elbow. Konfigurasi Mixing Elbow ini banyak ditemui dalam sistem perpipaan di pembangkit listrik dan industri proses. Hal ini penting untuk memprediksi medan aliran dan distribusi temperatur di daerah pencampuran dalam rangka untuk menguji hasil desain.

B.      Deskripsi Masalah

Deskripsi masalah dapat digambarkan pada Fig 1.1. Sebuah fluida dingin pada temperature 20°C mengalir ke pipa melalui inlet yang besar, dan bercampur dengan fluida hangat pada temperatur 40°C yang masuk melalui inlet yang lebih kecil terletak pada elbow. Dimensi pipa dalam inch, propertis fluida dan boundary condition dinyatakan dalam satuan SI. Reynolds number untuk aliran di inlet yang lebih besar adalah 50,800 sehingga menggunakan model aliran turbulen.

Bab 2.1

Mixing Elbow

–> Untuk lebih jelas tentang step selanjutnya, bisa didownload di page Download Area atau apabila ingin mempelajari lebih lanjut tentang CFD bisa membeli buku saya yang berjudul “Panduan Praktis Analisa CFD Menggunakan Solid Works Flow Simulation”. Cover buku bisa dilihat di page Commercial Book