Tipe separator yang sering digunakan adalah dalam bentuk vertikal, horisontal dan berbentuk spherical. Separator berbentuk horisontal dapat berupa single vessel atau double vessel.

A. Vertical Separator

Vertical separator seperti yang ditunjukkan gambar di samping, biasanya dipilih jika rasio gas-cair  tinggi atau volume total gas rendah. Dalam Vertical separator, fluida memasuki kapal mencolok mengalihkan
membingungkan yang memulai pemisahan primer. Liquid dihapus
oleh penyekat inlet jatuh ke bagian bawah kapal. Gas bergerak ke atas, biasanya melewati mist extractor untuk menghilangkan kandungan air yang terjebak, dan kemudian gas kering mengalir keluar. Kandungan air yang sudah dipisahkan melalui mist extractor bergabung menjadi tetesan yang lebih besar yang kemudian jatuh ke reservoir bagiang bawah vessel. Mist extractor secara signifikan dapat mengurangi kebutuhan diameter dari vessel.

B. Horizontal Separator

Horizontal separator adalah yang paling efisien di mana volume total liquid dan sejumlah besar gas terlarut bersama dengan liquid. Permukaan area yang lebih besar pada liquid menyediakan kondisi yang optimal untuk melepaskan gas yang terjebak. Dalam Horizontal separator, seperti gambar disamping liquid
yang telah dipisahkan dari gas bergerak sepanjang bagian bawah
dari vessel ke liquid outlet. Gas dan liquid menempati tempat yang proporsional di dalam vessel. Dalam double vessel separator, liquid mengalir melalui pipa ke reservoir di bawah.

C. Spherical Separator

Separator jenis ini digunakan untuk service tekanan tinggi
di mana diinginkan ukuran yang kompak dan volume liquid yang kecil. Faktor-faktor yang dipertimbangkan untuk Spherical Separator adalah:
· Compactness;
· Kapasitas terbatas untuk liquid;
· Minimal thickness untuk tekanan yang diberikan.