Halooo pembaca, salah satu equipment penting dari Steam Boiler adalah Deaerator…cekidot ya…

Deaerator adalah perangkat yang banyak digunakan untuk menghilangkan kandungan oksigen dan gas-gas terlarut lainnya dari feedwater yang masuk ke steam generator (boiler).

Pada umumnya, oksigen terlarut dalam feedwaters boiler akan menyebabkan kerusakan korosi yang serius dalam Steam generation system yang bereaksi ke dinding pipa dan peralatan logam lainnya sehingga membentuk oksida (karat). Kandungan CO2 yang bereaksi dengan H2O akan membentuk asam karbonat yang akan menyebabkan tingkat korosi lebih lanjut. Sebagian besar deaerator dirancang untuk menghilangkan oksigen ke tingkat 7 ppb berat (0,005 cm³ / L).

Ada dua tipe dasar dari Deaerator :

1. Tray-type

Termasuk juga Vertical domed deaeration yang dipasang di atas sebuah Horizontal vessel yang berfungsi sebagai tangki penyimpanan air hasil dari proses deaerasi.

Vertical domed deaeration dipasang di atas Horizontal vessel. Boiler feedwater memasuki bagian Vertical domed deaeration di atas perforated trays dan mengalir ke bawah melalui tray tersebut. Low-pressure deaeration steam memasuki bawah tray dan mengalir ke atas melalui tray tersebut.

Gas terlarut yang terkandung pada feedwater akan keluar melalui lubang vent di bagian atas Vertical deaeration.

Feedwater yang sudah murni atau tidak mengandung unsur O2 dan gas lainnya akan mengalir ke dalam Horizontal vessel dan dipompa ke Steam Drum untuk pembangkit steam.  Low-pressure deaeration steam, yang mengalir didalam sparger pipe di bawah Horizontal vessel, disediakan untuk menjaga feedwater boiler tetap terjaga temperaturnya. Insulasi eksternal dari Horizontal vessel tersebut biasanya disediakan untuk meminimalkan kehilangan panas.

2. Spray-type

Spray type hanya terdiri dari sebuah Horizontal/Vertical vessel yang berfungsi baik sebagai bagian proses deaerasi dan sebagai tangki penyimpanan untuk feedwater murni.

Seperti ditunjukkan dalam Gambar, deaerator ini memiliki bagian pemanasan (E) dan bagian proses deaerasi (F). Dua bagian ini dipisahkan oleh penyekat (C). Low-pressure deaeration steam memasuki vessel melalui steam sparger di bawah vessel. Feedwater disemprotkan ke bagian (E) di mana dipanaskan oleh uap yang naik dari sparger. Tujuan dari nozzle semprotan air umpan (A) dan bagian pemanasan awal adalah untuk memanaskan feedwater dengan suhu saturasi untuk memudahkan proses pengeluaran gas terlarut di bagian deaeration.

Feedwater yang sudah dipanaskan kemudian mengalir ke bagian dearation (F), di mana akan di-deaerated oleh uap yang naik dari sistem sparger. Gas-gas kontaminan akan keluar melalui lubang di bagian atas vessel.

Boiler feedwater yang sudah di deaerasi akan dipompa dari dasar vesse ke sistem pembangkit steam boiler.

Untuk lebih detail mengenai desain perhitungan dearator, pembaca bisa mengirimkan email ke wisnu_2202@yahoo.co.id atau menuliskan komen di blog ini…

Sekian dulu yach…Need your comment..

*) edited from en.wikipedia.org