Konsep Dasar TEG Dehydration Unit (DHU)

Gas alam dan kondensat sering diproduksi dari reservoir jenuh (dalam kesetimbangan) dengan liquid/air. Selain itu, gas dan kondensat juga mengandung CO2 dan H2S yang perlu dihilangkan. Dehidrasi adalah proses yang digunakan untuk menghilangkan air dari gas alam dan gas alam cair (NGLs), dan diperlukan untuk:

  • mencegah pembentukan hidrat dan kondensasi bebas uap air di fasilitas pengolahan dan transportasi,
  • memenuhi spesifikasi kadar air, dan
  • mencegah korosi

Teknik untuk dehidrasi gas alam, gas kondesat dan NGLs meliputi:

  • Penyerapan menggunakan desiccants cair,
  • Adsorpsi menggunakan desiccants padat,
  • Dehidrasi dengan CaCl2,

Salah satu metode dehidrasi adalah dengan menggunakan teknik TEG DHU dengan menggunakan cairan glikol yang sering digunakan adalah TEG (Triethylene Glycol). Adapun prosesnya sebagai berikut :

  • Feed gas mengalir pertama ke Contactor Equipment yang menggabungkan  kemasan terstruktur dan eliminator kabut. The TEG ramping mengalir dari bagian atas kolom dan kontak secara kontra-saat ini dengan pakan gas, menyerap air dari gas alam naik ke tingkat yang diinginkan. Gas kering kemudian mengalir ke bagian atas dari contactor mana melewati kabut eliminator mana setiap glikol entrained dihapus, dan kemudian mengalir ke pipa ekspor gas.
  • Contactor dilengkapi dengan perangkat skimmer manual untuk menghilangkan hidrokarbon dari glycol yang kaya akan uap air. Glycol kaya air ini kemudian dipindahkan dari dasar contactor yang dikontrol melalui Level Control dan dialirkan ke pipa gas penjualan.
  • Rich TEG dipanaskan awal dengan menggunakan Reflux Condenser TEG sebelum memasuki TEG Flash Drum di mana kandungan air dan gas dipisahkan yang dikontrol dengan Level Control. Rich glycol kemudian lewat bagian bawah Flash Drum  menuju TEG Particulate Filter (biasanya terdiri dari 2 unit x 100% terhubung secara paralel) di mana partikel padat dihilangkan.
  • Aliran Rich TEG kemudian melewati TEG Carbon Filter yang telah diberi tabung karbon untuk menghilangkan kotoran seperti hidrokarbon dan TEG terdegradasi.
  • Rich TEG dari filter kemudian mengalir ke Lean/Rich TEG Heat Exchanger di mana terjadi pemansan awal oleh panas dari TEG yang tersirkulasi sebelum memasuki Still Column di mana terjadi proses distilasi (penyulingan). Kemudian uap keluar melewati atas bagian dari Still Column, sementara kandungan air turun ke reboiler, dimana kandungan air tersebut akan diuapkan.
  • TEG dari reboiler melewati suatu Gas Stripping Column dimana Lean TEG diproses lebih lanjut untuk mencapai kemurnian TEG yang diinginkan dengan menggunakan dry gas. Lean TEG kemudian masuk ke Lean/Rich TEG Heat Exchanger dimana TEG mengalamai proses pendinginan. Lean TEG kemudian masuk ke Surge Drum yang bertindak sebagai tangki penyuplai untuk pompa. Lean TEG kemudian dipompa melalui Lean Glycol Cooler dan kembali ke Contactor . Lean GlycolCooler mendinginkan glikol sehingga temperaturnya lebih rendah daripada Feed Gas, agar bisa mengurangi kondensasi pada hidrokarbon.

*) edited from internet article..

Capek yach bacanya…!!! Sekian dulu info tentang TEG dari saya, komen ya kalo ada lebih kurangnya…